Selasa, 22 Mei 2012

Puluhan Bangunan Liar di Bantaran Kali Sekretaris Ditertibkan

 Written by Ajie Humas JB 
Pemkot Jakarta Barat menertibkan bangunan liar di bantaran Kali Sekretaris, RW 01 Kelurahan Kedoya Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Selasa (15/5). Bangunan liar berupa lapak dan tempat usaha yang ditertibkan mencapai sekitar 60 unit terdiri atas kios rokok, warung makanan, tempat pencucian motor, penyimpanan kayu dan besi bekas. 

Penertiban melibatkan sekitar 40 personel gabungan. Wali Kota Jakarta Barat H Burhanuddin yang meninjau langsung penertiban juga turut membantu petugas mendorong satu kios di bantaran kali yang ditertibkan.
   
Kali Sekretaris di wilayah RW 01 Kedoya Selatan itu tidak berfungsi normal karena terjadi pendangkalan lumpur. Bangunan liar di atas bantaran kali menyebabkan tidak berfungsinya aliran air. Selain membongkar bangunan liar, petugas juga mengeruk lumpur kali dengan alat berat.

Menurut warga sekitar, lumpur kali di lokasi tersebut sudah sekitar lima tahun tak pernah dikeruk. Akibatnya jika hujan deras air meluap ke permukaan dan menggenangi hunian warga sekitar.

Wali Kota H Burhanuddin mengaku prihatin menyaksikan kondisi kali dan minimnya kesadaran warga menjaga kebersihan lingkungan. “Seharusnya warga menyadari pentingnya menjaga kebersihan kali dan lingkungan serta tidak mendirikan bangunan di atas bantaran kali atau saluran penghubung,” ujarnya.

Wali Kota meminta RT, RW, LMK dan pimpinan wilayah bersama-sama menjaga dan menata lingkungannya. ”Ke depan tidak ada lagi bangunan liar di atas bantaran kali atau saluran penghubung, sehingga kali dapat berfungsi dengan baik untuk meminimalisir terjadinya genangan air di sekitar permukiman warga,” imbuhnya. 

Kasudin PU Tata Air Jakarta Barat, R Heryanto mengatakan lumpur kali tersebut sudah mengeras sehingga dimanfaatkan oleh anak-anak sekitar untuk bermain bola. Awalnya kali itu memiliki kedalaman 5 meter engan lebar sekitar 80 meter. Namun kini dalamnya hanya tinggal 1,5 meter dan lebarnya menyempit menjadi sekitar 40 meter. “Sudin PU Tata Air Jakarta Barat membantu Dinas PU DKI melakukan pengerukan dan pembongkaran bangunan di atas bantaran kali ini,” ujarnya. (nms/aji)

Last Updated on Tuesday, 15 May 2012 12:21