Senin, 08 November 2010

Dari 56 kelurahan di Jakarta Barat

5 Zona merah DBD

KEMBANGAN (Pos Kota) -Sebanyak 5 dari 56 kelurahan di Jakarta Barat, dinyatakan zona merah Demam Berdarah Dengue (DB), 3 kelurahan di Kecamatan Cengkareng yakni Kelurahan Kapuk, Cengkareng Barat dan Cengkareng Timur , 2 kelurahan lainnya masing-masing Kelurahan Kebon Jeruk di Kecamatan Kebon Jeruk, dan Kelurahan {(embangan Utara di Kecamatan Kembangan. "Sejak bulan Januari sampai 8 September 2010 DBD mencapai 2.328 kasus,"kata Ka. Sudin Kesehatan Jakarta Barat, dr. Yenuarti S. Arf ian, Selasa kemarin (14/9).

Penderita terbanyak di Kecamatan Cengkareng 607 kasus, Kembangan 411 kasus, Kebon Jeruk 305 kasus, Kalideres 303 kasus,Taman-sari 194 kasus, Gropet 182 kasus, Palmerah 181 kasus dan KecamatanTambora 145 kasus. Dari 56 kelurahan yang ada di Jakbar, sebanyak 20 kelurahan di antaranya masih termasuk zona hijau, sisanya 31 kelurahan zona kuning.

"Penyebabnya karena ini lemahnya pelaksanaan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) , faktor cuaca yang labil dan perilaku."Melihat data dari kasus 8 September 2010 , trennya tidak naik,"sebutYeni.

Menanggapi, meningkatnya kasus DBD karena kurangnya pengasapan (fogging), menurutnya fogging ini lebih efektif hanya membunuh nyamuk dewasa, tidak mematikan terhadap jentik nyamuk."Cara yang lebih efektif hanya melalui PSN,"jelasnya.

Sehingga fogging dilakukan terhadap lingkungan warga yang positif terjangkit DBD, didasari surat keterangan dari rumah sakit tempat warga yang diduga tarjangkit DBD."Petugas puskesmas akan melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) ke lingkungan warga tersebut. "Jika ditemukan jentik positif dan ada penderita demam yang lain radius 200 meter, berarti PE-nya positif, jadi kita fogging. Namun kalau PE-nya negatif, tidak boleh difogging karena sumber penularan bukan di situ," ucapnya. Yeni.

Terkait pelayanan puskesmas, pada hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran, seluruh puskesmas di Jakarta Barat normal seperti biasa. "Semua pelayanan hari ini normal seperti biasa,di 67 Puskesmas tingkat kelurahan dan 8 Puskesmas tingkat Kecamatan, (herman/g)