Senin, 17 Desember 2012

Inilah Hasil Rapat Ahok dengan Dinas Kesehatan, RSCM, FKUI, dan Askes

Rini Friastuti - detikNews
Jakarta - Hari Minggu ini Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tak libur, Wakil Gubernur DKI Jakarta itu memilih untuk melakukan rapat koordinasi terkait jaminan kesehatan masyarakat dengan Dinas Kesehatan, RSCM, FKUI, dan PT Askes. Seperti apa hasilnya?

Ahok mendorong agar anak-anak mulai dari dalam kandungan hingga usia 7 tahun harus terus di cek kesehatannya dan diberi nutrisi yang baik secara cuma-cuma. Hal ini agar anak tersebut kemudian dapat tumbuh generasi yang sehat.

"Kita mau bikin sesuatu secara menyeluruh. Dihitung dari bayi sampai umur tujuh tahun. Dari orang hamil juga mesti kita awasi, minimal 6 kali cek sampai dia lahir. Kemudian anak itu dipelihara dan dikasih gizi sampai tujuh tahun lamanya. Baru kita bisa melahirkan generasi yang sehat nantinya," kata Ahok, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Minggu (16/12/2012).

Ahok menjelaskan pemerintah provinsi DKI Jakarta, telah mengajukan anggaran sebanyak Rp 3 triliun untuk mensukseskan program ini. Menurut Ahok, anggaran sebesar itu untuk menggaji dokter di Puskesmas, merujuk pasien ke Rumah Sakit, dan keperluan obat-obatan. Ahok ingin tak ada satupun kampung di Jakarta yang tidak mendapat pembinaan ini.

"Sistem harus kita bangun. Jadi jangan mahal di kesehatan, kalau dibilang habis Rp 3 triliun itu murah di DKI, jadi kita akan mengajukan Rp 3 triliun untuk program menyeluruh seperti ini," jelasnya.

Anggaran kesehatan di DKI saat ini, menurut Ahok, sekitar Rp 4 triliun. Oleh karena itu dibawah pemerintahannya bersama Jokowi, dia akan mempertanyakan kembali ada dimana dana untuk Puskesmas dan Rumah Sakit selama ini.

"Semua kita cari, anggaran-anggaran itu. Kita mau pakai sistem dari FKUI dan RSCM jadi jelas gitu lho. Secara holistik, menyeluruh dari lahir sampai pengurusan kematian, kebersihan, semuanya," lanjut Ahok.

Ahok juga berencana membentuk tim audit rujukan, untuk mengetahui oknum nakal yang mengejar keuntungan pribadi ditengah program kesehatan ini. "Kita akan membentuk audit rujukan. Nanti ketahuan Rumah Sakit, Puskesmas mana yang ada oknum nakal. Misalnya, kita bisa ketahui dokter nakal, misalnya dia bius lokal, nanti bius seluruh tubuh, kan bayarnya lebih mahal. Nah nanti ini akan kita audit dibantu oleh FKUI dibantu oleh RSCM," ungkapnya.

Menurut Ahok, sistem pelayanan kesehatan di Jakarta saat ini belum maksimal, banyak dokter yang kompetensinya rendah. "Kan sekarang sistem pelayanan kesehatan tidak beres, dokter kompetensinya rendah. Kita harus berani bayar orang mahal, walau bayar mahal, tapi produktivitasnya kan tinggi. Kalau orang Jakarta kaya, APBD kan bisa Rp 100 triliun. Nah itu yang pengen kita lakukan," pungkasnya.


(van/van)